Virus Hepatitis Menyerang Mahasiswa IPB



Ribuan mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) diperiksa kesehatannya oleh petugas medis Dinkes dari Kabupaten Bogor. Hal ini dikarenakan adanya seorang mahasiswa yang meninggal akibat serangan virus hepatitis A dan masih banyak puluhan lainnya yang terjangkit. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi virus hepatitis A yang semakin menyebar di lingkungan IPB. Selama 3 hari, pemeriksaan telah dilakukan oleh 8 dokter, bahkan tidak hanya pada mahasiswa tetapi juga dosen, karyawan, dan petugas keamanan dari IPB.

Pemeriksaan dari ke-8 dokter tersebut, tidak hanya terfokus pada kesehatan warga kampus, tapi mereka juga melakukan beberapa hal, antara lain:

  1. Memeriksa kesehatan mahasiswa
Pemeriksaan ini dilakukan di gedung Graha Widya Wisuda untuk mengetahui gejala yang timbul pada warga kampus sehingga dapat diberikan penanganan secara cepat dan tepat.
  1. Melakukan pengecekan lingkungan
Menurut Dinkes, salah satu penyebab dari tersebarnya virus ini adalah dari lingkungan kampus. Virus tersebut suka dengan lingkungan yang kotor. Oleh karena itu, mereka mengecek tingkat kebersihan dari kampus. Tapi, hasil dari pengecekan itu adalah lingkungan kampus terhitung tidak terlalu kotor, hanya saja kurang rapi.
  1. Sosialisasi
Dinkes juga melakukan sosialisasi pada warga kampus mengenai cara mencegah dan mengatasi penyakit hepatitis A ini. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran virus yang semakin luas lagi.

Melalui sosialisasi yang dilakukan Dinkes di Institut Pertanian Bogor, mereka memberikan beberapa cara untuk mencegah terserang virus hepatitis A ini, yakni:

  • Menjaga lingkungan
Sebagian besar virus lebih suka terhadap tempat yang kumuh dan kotor sehingga kita perlu menjaga lingkungan agar tidak menjadi sarang virus.
  • Pola hidup
Pola hidup ini berkaitan dengan olahraga yang akan berpengaruh pada kekebalan tubuh. Apabila kekebalan terganggu maka tubuh akan mudah terserang penyakit.
  • Makanan
Makanan siap saji dan kurang sehat membuat tubuh kekurangan gizi atau nutrisi sehingga akan lebih mudah terserang virus.

Berdasarkan hal ini, IPB (Institut Pertanian Bogor) harus lebih memperhatikan kebersihan lingkungan kampus, karena untuk masalah pola hidup dan makanan tergantung individu masing-masing.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Virus Hepatitis Menyerang Mahasiswa IPB"

Posting Komentar