Etika Saat Promosi di Facebook dan Media Sosial Lain



Cara membuat iklan di Facebook yang sangat mudah membuat banyak orang sekarang ini memanfaatkannya sebagai sarana untuk promosi bisnis. Ini merupakan hal yang wajar, dan jika Anda juga ingin melakukannya, Anda bisa menuai kesuksesan cukup banyak. Sebagai media sosial dengan ratusan juta pengguna, Anda bisa mendapatkan banyak pembeli potensial di sini. Dengan catatan, Anda melakukan promosi dengan mengingat etika.

Etika merupakan hal yang kadang dilupakan oleh orang-orang yang melakukan promosi di Facebook. Lantaran cara buat iklan di Facebook yang mudah, mereka kemudian seenaknya membuat iklan sembarangan, yang bisa saja menyinggung orang-orang lain. Belum lagi masih ditambah dengan selalu spam status yang membuat timeline pengikut-pengikut Anda penuh dengan hal-hal yang mungkin mereka tak tertarik.

Jika dibiarkan terus, ini justru bisa jadi bumerang untuk bisnis Anda sendiri. Beriklan itu boleh, tetapi perhatikan etikanya berikut ini:

1.       Hormati privasi orang lain
Iklan memang efektif, tapi orang tak nyaman jika di bombardir terus-terusan dengan status promosi, karena ruang privasi justru malah diinvasi marketing. Gunakan fasilitas iklan yang memang sudah disediakan, dan berilah jarak waktu antara update status bisnis.
2.       Tujukan kepada orang yang tepat
Misalnya produk Anda adalah tas tangan wanita. Jangan tawarkan kepada para pria lajang ataupun kepada mereka yang hobi otomotif. Pastikan Anda beriklan kepada target demografik Anda.
3.       Bahasa dan visual ramah, sopan, dan tanpa SARA
Gunakan bahasa serta gambar yang ramah, membujuk, tapi juga tetap sopan dan tidak menyudutkan pihak mana pun, serta tidak membawa-bawa SARA yang bisa membuat provokasi.
4.       Takaran yang pas
Jangan memaksakan iklan bertubi-tubi pada mereka yang terlihat tertarik dengan produk Anda, tetapi tawarkan mereka dengan halus, sedikit demi sedikit, pada hal yang memang mereka sukai.

Cara membuat iklan di Facebook dengan  mudah, tak bisa dipungkiri bahwa rasa untuk selalu promosi bisnis ke siapa saja selalu muncul. Namun tahanlah diri, dan ingat etika di atas. Lebih baik lagi jika Anda bekerja sama dengan tim marketing profesional seperti Partner Iklan, sehingga Anda tak melakukan kesalahan yang berpotensi membuat klien kabur.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Etika Saat Promosi di Facebook dan Media Sosial Lain"

Posting Komentar