Tips Mengatur Kebiasaan Belanja Menggunakan Aplikasi Pembayaran


Berbelanja dengan menggunakan aplikasi keuangan Android seperti Kesles adalah cara yang menyenangkan. Anda tinggal mengisi saldo atau top up, dan kemudian menggunakannya di merchant yang bekerja sama dengan aplikasi tersebut. Tak perlu dompet, tak perlu kartu, bahkan tak perlu rekening bank. Namun cara ini juga memerlukan kewaspadaan, terutama kalau Anda adalah orang yang boros.

Kenapa harus waspada? Karena Anda tak bisa melihat uang tunai yang dibelanjakan secara fisik dengan mata kepala Anda sendiri. Membayar memanfaatkan aplikasi keuangan untuk Android membuat Anda tak perlu memegang uang tunai. Ini memberikan efek samping bahwa Anda tidak merasa seperti berbelanja ataupun menghabiskan uang. Akibatnya, jika tidak dijaga, Anda bisa melakukan overspending yang membuat rekening Anda semakin tipis. Ingat, apa yang Anda belanjakan tetap saja uang Anda.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya? Caranya adalah seperti ini:

   1.       Cetak transaksi yang Anda lakukan
Setiap transaksi yang terjadi akan direkam dengan rinci di dalam aplikasi. Cetak ini untuk menjadi arsip dan memudahkan Anda melakukan tracking untuk pengeluaran Anda bulan ini. Selain itu, ini bisa jadi semacam peringatan untuk Anda.
   2.       Hanya isi saldo di awal bulan saja
Cukup isi saldo sekali di awal bulan, dan hanya sekali itu saja. Jangan pernah menambahnya jika bulan ini belum selesai. Jika saldo sudah habis, maka jangan lagi belanja menggunakannya untuk bulan ini.
   3.       Manfaatkan poin yang terkumpul
Anda biasanya mendapatkan rewards atau poin untuk setiap kali transaksi. Jangan ragu untuk memanfaatkan ini ketika Anda sedang belanja sehingga bisa mendapatkan diskon.
4.       Batasi penggunaan di merchant tertentu
Berhubung aplikasi semacam ini belum digunakan secara luas, Anda sebenarnya bisa melakukan transaksi yang dilakukan.

Aplikasi keuangan Android semacam Kesles bisa menjadi alat untuk membantu memonitor keuangan Anda. Tentu saja, hal ini membutuhkan Anda agar benar-benar tahu isi luar dalam apa saja kemampuan dari aplikasi tersebut. Sebagai aplikasi pembayaran, Kesles bertujuan menjadikan Anda lebih nyaman dan praktis saat belanja. Namun di balik itu, Anda juga bisa membuatnya sebagai pengawas untuk kebiasaan belanja Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengatur Kebiasaan Belanja Menggunakan Aplikasi Pembayaran"

Posting Komentar